*** Assalaamu'alaikum *** Selamat Datang di Rumah Maya Kami *** Yoroshiku Onegaishimasu ***

Senin, 07 Maret 2011

Makna Barokah bagi Saya di Jepang

Hampir 2,5 tahun saya tinggal, mengaji dan bersekolah di Jepang. Tidak ada kata yang pantas saya ucapkan, kecuali kesyukuran yang teramat mendalam atas berbagai nikmat yang telah Alloh SWT. berikan kepada saya dan juga keluarga saya. Seiring waktu yang terus mengalir dan
berbagai amal sholih yang senantiasa silih berganti, ada saja kebarokahan/keberkahan yang kami rasakan.

Sebenarnya, apa sih arti barokah (berkah/keberkahan/kebarokahan) itu sendiri? 

Barokah dapat diartikan banyak kebaikan (katsrotul khoiri). Kebaikan ini dapat berupa harta kekayaan, kesehatan badan, kefahaman agama, anak-anak yang sholih, dan lain sebagainya. Tentu kita semua yakin bahwa Alloh merupakan sumber kebarokahan.



تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Arti: Maha Barokah Alloh SWT. yang di tangan-Nya segala kerajaan dan Dia atas segala sesuatu Maha Kuasa (QS. Al Mulk).

Al Qur'an pun juga merupakan sumber kebarokahan sebagaimana Alloh telah berfirman:


وَهَـذَا كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُواْ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Arti: Dan kitab ini (Al Qur'an), menurunkan Kami Alloh padanya dengan penuh kebarokahan, maka ikutilah dan bertaqwalah agar kamu sekalian disayangi. (QS. Al An'am: 155).

Dan masih banyak lagi dalil tentang barokah, baik yang bersumber dari Al Qur'an maupun Al Hadits. Kita pun dalam kehidupan sehari-hari pernah mendengarkan orang berdo'a dan mengucapkan: 'semoga Alloh paring lancar dan barokah'. Hm ...  tentu tidak hanya sesekali, bahkan sangat sering sekali kan ... Selanjutnya, kita lengkapi dengan mengucapkan: 'amin.'

Semua barokah datangnya dari Alloh SWT. Dan saat ini saya tengah merasakan betapa nikmatnya memperoleh kebarokahan itu. Bagaimana tidak?
- Alloh telah memberikan nikmat berupa kesempatan mendapatkan beasiswa sekolah lanjut di Jepang bersama anak dan istri. Besarnya tidak tanggung-tanggung: sekitar Rp 15 juta/bulan (beasiswa Monbukagakusho). Jelas sangat besar untuk ukuran gaji Indonesia kita.
- Alloh masih menetapkan hidayah agama Islam dan memberikan kekuatan untuk mencari ilmu , menetapi serta mengamalkannya walaupun tidak semudah seperti di Indonesia. Di sini perlu usaha lebih untuk mencapai forum-forum pengajian, waktu dan uang ekstra untuk berganti moda transportasi: berjalan, bersepeda, kapal feri, naik bis, kereta api dan taksi sebagai penutup hingga di depan pintu musholla.
- Alloh telah menganugerahkan tempat sekolah, profesor dan lingkungan yang semuanya mendukung kami tetap bisa menetapi kewajiban sebagai hamba untuk beribadah kepada Alloh, sebagai suami untuk mengatur/menasehati istri/keluarga, sebagai warga masyarakat yang dapat hidup bersosialisasi, berorganisasi dan berbudi luhur dengan tetangga, teman dan lain-lain. Alhamdulillaah, segala puji bagi Alloh. Semua ini berasal dari sisi-Mu.

.........  berhenti sudah jari jemari ini menari di atas keyboard Jepangku. Otak tidak mampu lagi meneruskannya. Karena memang makna kebarokahan ini sangat terasa di hati, namun sangat sulit diungkapkan dalam jalinan kata-kata :)  Semoga Alloh paring sehat, waras, lancar dan barokah, amin.

Penulis: sakura Mbahman Hiroshima
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar